Messi: Kami belum kehilangan filosofi Barca

jayasport.com – Gaya bermain direct yang diusung Barca di era Enrique membuat banyak kalangan menilai bila gaya tiki-taka mulai ditinggalkan Barca. Terkait pandangan tersebut Messi memberikan bantahan.

Sejak ditukangi oleh Luis Enrique bisa dibilang gaya permainan Barcelona mengalami perubahan yang cukup drastis bahkan banyak kalangan yang menilai bila saat ini Barca mulai meninggalkan gaya permainan tiki-taka yang menjadi ciri khas mereka. Akan tetapi sang mega bintang, Lionel Messi membantah bila timnya sudah meninggalkan tiki-taka sekaligus menegaskan bila Barca masih belum kehilangan filosofi bermainnya.

Dengan gaya tiki-taka memang Barcelona sukses memenangi banyak gelar bergengsi namun seiring berjalan waktu beberapa tim lawan sudah menemukan formula untuk menghadapi gaya permainan andalan Barca ini. Karena itulah Enrique mencoba membawa perubahan gaya bermain Barca yang sekarang menerapkan permainan direct yang jauh berbeda dengan tiki-taka.

Messi memandang pola permainan yang diterapkan mereka saat ini merupakan bentuk variasi dari tiki-taka sehingga tidak benar bila Barcelona mulai meninggalkan tiki-taka. “Aku pikir kini kami memiliki dua varian; kami punya dua gaya dan kami bisa silih berganti menggunakannya,” terang Messi seperti yang dikutip oleh AS.

“Dengan kecepatan yang kami miliki di lini depan kami bisa menerapkan sebuah permainan serangan balik dan memanfaatkan ruang kosong yang sedang ditinggalkan pemain tim-tim rival kami, atau kami bisa bermain dengan cara kami yang biasanya,” tambah pemain berjuluk La Pulga tersebut.

“Kami belum kehilangan filosofi Barca akan kesabaran dan permainan operan,” tandasnya.