Iker Casillas dan Rekor Sebagai Kapten

jayasport.com – Iker Casillas merupakan satu-satunya kapten yang mampu meraih delapan trofi mayor bersama Real Madrid maupun tim nasional Spanyol.

Iker Casillas mencatatkan sejarah baru sebagai kapten pertama yang meraih trofi di delapan kompetisi berbeda yang diikuti. Prestasi ini membuat Casillas menjadi satu-satunya kapten yang dapat memperoleh trofi yang sangat beragam dalam delapan kompetisi yang berbeda baik bersama Real Madrid maupun tim nasional Spanyol.

Casillas menjalani debut sebagai kapten Real Madrid pada tahun 2010. Ia menggantikan peran Raul Gonzalez sebagai kapten yang memutuskan untuk hengkang di tahun tersebut. Sedangkan di tim nasional sendiri Casillas pertama kali menjadi kapten sebelum gelaran Piala Eropa di Swiss pada 2008 silam.

Trofi pertama yang diraih Casillas bersama Los Blacos yaitu saat menjuarai Copa del Rey di musim 2010/11 saat mengalahkan Barcelona di partai puncak. Setelah itu, Casillas pun memperoleh trofi mayor lain seperti La Liga, Piala super Spanyol, Piala Super Eropa, Liga Cahmpions, dan yang terbaru yaitu Piala Dunia Antarklub. Sedangkan untuk timnas sendiri Casillas memperoleh trofi Piala Eropa dan Piala Dunia untuk pertama kalinya bersama Spanyol.

Dengan torehan ini, Casillas menjadi kapten pertama yang berhasil menjuarai berbagai kompetisi yang diikuti, baik bersama klub maupun tim nasional. Raihan ini tentu akan sulit untuk dipecahkan oleh kapten lainnya.

Musim ini, Casillas bisa saja akan menambah koleksi trofinya bersama Real Madrid karena Madrid bermain gemilang sepanjang musim ini. Rekor kebobolan Casillas pun terbilang sangat bagus dan berhasil membuat banyak penyelamatan gemilang.